Senin, 17 Agustus 2020

Dasar Telekomunikasi

 

 Telekomunikasi itu apa ya ?

Hai sahabat Aviasi, kali ini saya akan memberikan arti telekomunikasi dalam dunia penerbangan. seberapa pentingkah telekomunikasi dalam dunia penerbangan? yuk simak penjabaran dibawah ini:

Telekomunikasi yaitu teknik pengiriman informasi dari suatu tempat ke tempat lain, yang berupa peralatan untuk mengirim dan menerima informasi jarak jauh, dimana pengirim dan penerima informasi tidak saling bertemu. Di dunia penerbangan, telekomunikasi sangat diperlukan, karena informasi ini berkaitan dengan keselamatan penerbangan. Pesawat harus dapat dipandu sampai ke bandara tujuan dengan selamat. karena itu, pilot membutuhkan panduan arah terbang, jarak, waktu, cuaca sekitar dll, dengan cepat dan tepat. Untuk memenuhi kriteria tersebut maka dibuat khusus peralatan telekomunikasi penerbangan.

Berdasarkan jenisnya, telekomunikasi dibedakan atas 3 jenis, yaitu:

1. Satu arah (Simplex)

    Simplex digunakan pada peralatan yang dimana hanya mampu mengirim saja, tidak dapat menjalin komunikasi secara bergantian karena satu arah saja. contohnya seperti Radio broadcast dan televisi.

2. Setengah Dua Arah (Half Duplex)

   Half  Duplex digunakan pada peralatan yang bisa mengirim dan menerima berita secara bergantian, tetapi tidak luas atau ada keterbatasan (melalui satu saluran saja). contohnya seperti Handy Talky (HT).

3. Dua Arah (Full Duplex)

Full Duplex digunakan pada peralatan yang dimungkinkan untuk mengirim dan menerima informasi secara bersamaan dan bisa bergantian contohnya seperti handphone.

Seringkali diistilahkan bahwa pengirim berita disebut Transmitter (Tx) dan penerima berita disebut (Rx). Dalam dunia Telekomunikasi penerbangan memakai peralatan Very High Frequency Air to Ground (VHF AG) sebagai media transmisi utama antara pemandu lalu lintas udara dengan pilot menggunakan frekuensi yang sama. Dari materi peralatan yang saya paparkan, semua peralatan termasuk alat telekomunikasi, hanya saja pemberian informasi/ beritanya dan jenisnya saja yang berbeda, tergantung kebutuhan suatu bandara, dalam melayani pergerakan pesawat.

Mungkin ini dulu ya yang bisa penulis sampaikan.

stay tune terus.. :)

Salam Aviasi !!

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More